PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
Muhyadi Muhyadi,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017; (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017; (3) pengaruh lingkungan belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 sebesar 20,80% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 16,320; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 sebesar 16,50% dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan Fhitung sebesar 12,277; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 sebesar 26,50% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 10,988.
Full Text:
PDFReferences
Eveline Siregar & Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhibbin Syah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noni Suci Aristyani. (2015). Pengaruh Kondisi Siswa dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi: FE UNY
Nunuk Suryani & Leo Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Oemar Hamalik. (2012). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.
Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Zulfika Aulia Nukha. (2015). Pengaruh Metode Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Klatern. Skripsi:FE UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.