Proses Penciptaan Tari Bokong Kelegan Karya Sugita

Ajeng Dwi Kartika Sari, Trie Wahyuni, M. Pd

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Proses Penciptaan Tari Bokong Kelegan Karya Sugita melalui tahap eksplorasi, improvisasi, evaluasi, dan komposisi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada Mei sampai Agustus 2017. Objek penelitian ini adalah tari Bokong Kelegan. Sumber data penelitian ini adalah koreografer, penari, penata iringan, dan penata busana. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut.1) Tari Bokong Kelegan diciptakan tahun 2009 untuk acara pembukaan Sanggar Seni Gita Gilang. 2) Proses penciptaan tarinya melalui tahap penggarapan; a) Eksplorasi yaitu memahami fungsi pantat dan merenungkan proses-proses kebebasan berekspresi yang dituangkan melalui pantat. b) Improvisasi yaitu mencari gerak secara spontan dengan menggerakkan pantat secara bebas. c) Evaluasi dilakukan dengan cara memberi variasi pada gerak yang sudah ada. d) Komposisi yaitu menyusun rangkaian gerak dari ragam bokong mencek hingga ragam pencak. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses penciptaan tari Bokong Kelegan terdiri dari lingkungan internal ciri khas komedi dan eksternal bergabung bersama seniman komedi, sarana dan fasilitas menggunakan halaman rumah, keterampilan dalam menciptakan karya nuansa komedi, identitas karya bernuansa komedi, orisinalitas terinspirasi dari ide dan pengalaman pribadi, dan apresiasi yang tinggi dari masyarakat mengenai karya tari Bokong Kelegan.
Kata Kunci : Proses Penciptaan, tari Bokong Kelegan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.