Bentuk olah tubuh color guard marching band citra derap bahana universitas negeri yogyakarta dan relevansinya dbagi daya tahan tubuh penari

Wahyuning Tiyas, Dr. Sumaryadi, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk olah tubuh Color Guard Marching Band Citra Derap Bahana Universitas Negeri Yogyakarta dan relevansinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh penari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tempat penelitian adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band Citra Derap Bahana Universitas Negeri Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber data yang berfungsi untuk mencocokkan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data bersifat kualitatif yaitu: reduksi data atau memfokuskan pada hal-hal yang penting, display data yaitu sekumpulan tersusun dengan kemungkinan untuk penarikan kesimpulan, penarikan kesimpulan diambil dari reduksi data dan display data. Setelah melalui proses pengamatan, pemahaman serta pendapat para ahli, peneliti membuat analisa dan pembahan yang kemudian disampaikan sebagai kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bentuk olah tubuh Color Guard Marching Band Citra Derap Bahana relevan untuk meningkatkan daya tahan tubuh penari, yaitu: planking, plie, split, position, rond de jambe, sauté, tendu, turning, grand jette, pirouettes, jazz run. Bentuk olah tubuh yang digunakan dalam tari dan Color Guard disimpulkan bahwa olah tubuh keduanya memiliki keterkaitan karena tujuan dari olah tubuh sebenarnya adalah untuk melatih keseimbangan, kekuatan, dan kelenturan tubuh.
Kata kunci: olah tubuh, color guard, marching band, daya tahan tubuh, penari


Refbacks

  • There are currently no refbacks.