KOREOGRAFI AIR MATA KUNTHI KARYA KINANTI SEKAR RAHINA BERBASIS PUISI

Hening Pamudi Larasati, Trie Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses penciptaan koreografi Tari Air Mata Kunthi karya Kinanti Sekar Rahina berbasis puisi yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah Tari Air Mata Kunthi. Subjek penelitian diperoleh dari narasumber yaitu Kinanti Sekar Rahina, Muh. Shodiq, dan Farindo Reskha Jenar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan cara mengecek kembali data yang diperoleh dari beberapa sumber diantaranya hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya disimpulkan untuk menguatkan hasil.

Hasil penelitian ini menunjukkan 1) koreografi Air Mata Kunthi (AMK) karya Kinanti Sekar Rahina adalah karya tari berbasis puisi Air Mata Kunthi yang bertema kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. 2) Proses penciptaan yang dilakukan oleh koreografer melalui tahap eksplorasi, yaitu koreografer dengan mengimajinasikan makna yang terkandung dalam setiap bait puisi AMK. Improvisasi, menciptakan gambaran-gambaran gerak berdasar interpretasinya terhadap puisi. Evaluasi dilakukan dengan menampilkan ulang dan mencermati secara keseluruhan antara gerak dan bait puisi. Komposisi dilakukan secara bersamaan bersama penata artistik lainnya dan menata gerak sesuai makna yang terkandung. 3) Alat musik menggunakan instrumen gender dan suling yang dimainkan secara statis, pada bagian akhir suling dimainkan dengan staccato, gender dipukul dengan cara nitir sesuai dinamika puisi. 4) Rias yang digunakan yaitu rias minimalis, busana yang dikenakan yaitu kebaya, sampur kain putih, jarik seretan. Seretan digunakan sebagai simbol anak, kain putih sebagai sampur pada bagian akhir menjadi kostum dan properti lentera memiliki makna cahaya kehidupan.

Kata Kunci: Koreografi, Puisi, Tari Air Mata Kunthi


Full Text:

PDF

References


Kussudiardja, Bagong. 1992. Budaya dan Masyarakat, Yogyakarta. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Hawkins, Alma M. 2003. Mencipta Lewat Tari. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia

Hidayat, Robby. 2005. Wawasan Seni Tari Pengetahuan Praktis Bagi Guru Seni Tari. Malang: prodi Pendidikan seni tari jurusan Seni dan desain fakultas sastra Universitas Negeri Malang.

Koentaraningrat. 1983. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Merry, La. 1986. Komposisi Tari, Elemen-elemen Dasar (terjemahan Soedarsono). Yogyakarta: Lagaligo.

Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Kosdakarya.

Murgiyanto, Sal. 1983. Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Jakarta: Pendidikan Menengah Kejuruan.

Smith, Jacqueline 1985. Sebuah Pertunjukan Praktis Bagi Guru (terjemahan Suharto). Yogyakarta: ikalasti Yogyakarta.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Suyitno. 2009. Apresiasi Puisi Dan Prosa. Surakarta: LPP UNS.

Pradopo, Djoko. 1995. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.