Pengembangan Mobile Encyclopedia Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Mandiri

Alifah Elfmi Fajrina, , Indonesia
Dr. –Ing. Satoto Endar Nayono, M.Eng., M.Sc., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mandiri dalam bentuk aplikasi Mobile Encyclopedia berbasis sistem operasi Android. Materi yang dimuat dalam ensiklopedi adalah materi pengantar mata pelajaran gambar konstruksi bangunan 1 dan referensi baca untuk kelas XI SMK Jurusan Teknik Bangunan.

Tahapan penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan 4D (four-D), yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian diawali dengan pemetaan kondisi peserta didik untuk keperluan analisis kebutuhan materi dan karakteristik media yang perlu dikembangkan. Hasil pemetaan kondisi peserta didik kemudian dikuatkan dengan wawancara dengan praktisi lapangan. Produk hasil pengembangan dinilai kelayakannya menggunakan angket validasi produk yang ditujukan untuk ahli materi, media, praktisi lapangan, dan angket penilaian kelayakan produk untuk peserta didik dalam independent testing group (ITG).

Hasil pengembangan yang diperoleh berupa produk media dan penilaian kelayakan. Produk media berupa Mobile Encyclopedia memuat enam komponen yaitu materi pengantar, kategori terpadu, kategori a-z, daftar simbol, petunjuk, dan info aplikasi. Hasil validasi ahli materi termasuk dalam kategori “sangat layak”, sedangkan ahli media dan praktisi lapangan termasuk dalam kategori “layak” sehingga media hasil pengembangan yang dilakukan dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Sedangkan hasil penilaian produk oleh peserta didik termasuk dalam kategori “sangat layak” yang berarti produk media ini dinilai dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran mandiri materi terkait.

Full Text:

PDF

References


Murti, K.E., 2013. Pendidikan Abad 21 dan Implementasinya pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Artikel Jurnal Kurikulum 2013 SMK

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian & Pengembangan (Cetakan ke-2 Mei 2016). Bandung: Alfa Beta

Sungkono, 2012. Evaluasi Media Pendidikan. JPTK FIP UNY

Sutarto, 2014. Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Bangunan di Kota Yogyakarta. Artikel Penelitian Mandiri. Yogyakarta: FT UNY

Wahono, R.S., 2006. Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari www.romisatriawahono.net pada 7 Juni 2017 pukul 11.00

Widoyoko, E.P., 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.