Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran dalam Persepsi Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran MDPL Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Klaten

Muhammad Sevril Jumnurigko, Pramudiyanto, S.Pd. T., M.Eng Pramudiyanto

Abstract


Tujuan dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode mengajar dan media pembelajaran dalam persepsi siswa terhadap motivasi belajar. Proses belajar terdiri dari berbagai macam metode, seperti, metode ceramah, metode diskusi, metode simulasi dan metode diskusi. Dalam proses mengajar guru terkdang menggunakan media pembelajaran dalam hal menunjang proses pembelajaran, oleh karena itu sangat pentingnya metode mengajar dan media pembelajaran ini dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada saat proses pembelajaran dilakukan di dalam kelas.

Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI A dan XI B Porgram Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Klaten yang berjumlah 67 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok dengan jumlah siswa 30. Metode dalam pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis menggunakan aplikasi

Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif: (1) metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rx1y sebesar 0,441. (2) media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rx1y sebesar 0,595. (3) metode mengajar dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai nilai rx1y sebesar 0,493 dan r2x1y sebesar 0,243.


References


Amed, A. (2011). Metode Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa. Diunduh pada tanggal 09 Oktober 2018 dari http://agus-amed.blogspot.com/2011/11/metode-pembelajaran-yang-berpusat-pada.html.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. (1994). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumu Aksara.

Khairunisa. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pebelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Motivasi Belajar Mengetik Manual Siswa Kelas XI Admnistrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Khasanah, N.U. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Marsudi. (2016). Penerapan Model Konstruktivistik dengan Media File Gambar 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Vol 23 No 1). Hlm 19.

Marwanto, A. (2018). Kesesuaian Pola Mengajar Guru SMK DIY dengan Tuntutan Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

(Vol 17 No 1). Hlm 24-26.

Munir, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Vol 22 No 2). Hlm 185.

Nukha, Z.A. (2015). Pengaruh Metode Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran dan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Klaten. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Priansa, D.J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Raymond, J & Judith, H. (2004). Hasrat untuk Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2006). Straregi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori Motivasi dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana & Rivai. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV Sinar Baru.

Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

¬Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

¬¬Sugiyono. (2014). Metode Penenlitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suwarna. (2005). Pengajaran Mikro, Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Widarto. (2013). Penelitian Ex-Post Facto: Disampaikan pada Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan, tanggal 27-28 Juni 2013. Yogyakarta: FT UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.