PENANAMAN NASIONALISME PADA PASKIBRAKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015

Wahyu Rohminingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bagaimana penanaman nasionalisme pada Paskibraka  Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2015, 2) mengetahui hasil penanaman nasionalisme pada Paskibraka Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2015, dan 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nasionalisme pada Paskibraka Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2015

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitiannya yaitu Paskibraka Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek penelitian ini mengenai penanaman nasionalisme pada Paskibraka Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2015. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu.  
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penanaman nasionalisme pada Paskibraka Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2015 diwujudkan dalam dua kegiatan utama yaitu latihan fisik dan pembinaan mental dengan menggunakan pendekatan Desa Bahagia; 2) Nasionalisme tertanam dengan baik pada diri siswa baik selama kegiatan ataupun sesudah menjadi Paskibraka; dan 3) Faktor pendukung dalam penanaman nasionalisme pada Paskibraka meliputi: kerjasama dengan instansi terkait, materi personil yang sudah baik dan adanya pembinaan lanjutan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: a) perbedaan persepsi antar pihak, b) kondisi mental dan fisik siswa belum stabil, c) sulitnya mencari SDM yang ideal, dan d) kurangnya sarana duplikasi tempat pengibaran bendera.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i7.5340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics