IMPLEMENTASI PROGRAM YOUTH FORUM DALAM MEMPERJUANGKAN HAK PENDIDIKAN BAGI SISWI YANG MENGALAMI KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN DI YOGYAKARTA

Fitri Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Youth Forum dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi anak yang mengalami kehamilan tidak diinginkan di Yogyakarta, untuk menggambarkan faktor pendukung dan penghambatnya. 

Penelitian ini merupakan penelitian deskripif kualitatif. Subjek penelitian orang yang terdiri dari  anggota Youth Forum,  Direktur Cabang PKBI,  relawan, PE (Peer Educator). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisi dengan pendekatan kualitatif yang meliputi langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.  
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program Youth Forum di Yogyakarta memiliki beberapa  program yang telah berjalan dalam memperjuangkan hak siswi yang mengalami KTD di Yogyakarta yaitu: memberikan pemahaman kesehatan reproduksi kepada remaja, PERUT (Pertemuan Rutin), Siaran Radio, Event, PE (Peer Educated), CO (Community Organizer), IYD (International Youth Day) yang terdapat di kota Yogyakarta agar  menjaga diri dari pergaulan buruk yang dapat  mengakibatkan terjadinya KTD di usia dini. Youth Forum merupakan mitra dari PKBI yang memiliki tujuan sama untuk memperjuangkan hak-hak remaja. Faktor pendukung terlaksananya program Youth Forum dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi anak KTD yaitu: pihak sekolah mampu bekerjasama dengan baik, puskesmas bekerjasama dengan Youth Forum untuk memperjuangkan petisi Youth Forum. Faktor penghambat yaitu: sekolah menolak  memasukkan kurikulum kesehatan reproduksi di sekolah, guru tidak berani memperjuangkan KTD di sekolah dikarenakan pangkat guru tersebut sebagai taruhannya.  
Kata Kunci: hak pendidikan bagi siswi hamil, program Youth Forum, siswi mengalami kehamilan tidak diinginkan (KTD)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i7.5339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics