IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN BAKAT SISWA MELALUI PROGRAM KREASSO DI KOTA SURAKARTA

Marselina Shintya Wardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pengembangan bakat siswa melalui program Kreasso di Kota Surakarta menggunakan teori George C Edward. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah penanggung jawab kegiatan Kreasso, guru pembimbing seni SD/SMP dan panitia kegiatan Kreasso (tahun 2021). Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis interaksi dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini berupa: (a) komunikasi dilaksanakan menggunakan sistem daring, (b) sumber daya manusia lebih mengutamakan pelajar SMA/SMK Kota Surakarta dan sumber daya anggarannya menggunakan APBD Kota Surakarta dan sponsorship, (c) disposisi diatur dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Nomor 954/167.1/2021 dengan pengawasan dan pengendalian dari Dinas Pendidikan Kota Surakarta, (d) struktur birokrasinya dikelola mulai dari Dinas Pendidikan, kemudian PIC dan siswa SMA/SMK yang terpilih menjadi panitia Kreasso

Kata kunci: implementasi, pengembangan bakat, program Kreasso


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i2.18008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics