PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASI PERDA NO 5 TAHUN 2011 DI SD N WARUNGBOTO YOGYAKARTA

Berlian Belasuni

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Perda No 5 Tahun 2011 di SD N Warungboto Yogyakarta. Adapun yang akan dibahas dalam penelitian ini antara lain tentang nilai karakter yang ditanamkan pada peserta didik melalui pendidikan berbasis budaya, peran pendidik kaitannya dengan pendidikan karakter, program sekolah yang berkaitan dengan pendidikan karakter, metode penanaman pendidikan karakter, evaluasi pendidikan karakter, hasil pendidikan karakter melalui pendidikan berbasis budaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru dan kepala sekolah. Seting penelitian ini dilakukan di SD Negeri Warungboto Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pendidikan Karakter di SD N Warungboto Yogyakarta mengembangkan nilai target berupa kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kegamaan, peduli lingkungan, dan kreativitas. Dari nilai target diatas diimplementasikan ke dalam program sekolah dan didukung dengan kegiatan-kegiatan sekolah. Sekolah menggunakan 4 metode penanaman pendidikan karakter yaitu inkulkasi nilai, keteladanan, fasilitasi, dan pengembangan ketrampilan. Dalam mengevaluasi pendidikan karakter melalui pendidikan berbasis budaya dilakukan dengan monitoring dan pencatatan pelanggaran siswa oleh guru. Adapun Kepala Sekolah memiliki peran terhadap proses monitoring melalui fungsi controlling terhadap pelaksanaan program.
Kata Kunci: pendidikan karakter, implementasi, perda no 5 tahun 2011.

Abstract
This research aims to describe about character education through the implementation of Perda No. 5 years 2011 in SD N Warungboto Yogyakarta. As will be discussed in this study, among others, about the value of a character that is instilled in students through education-based culture, the role of educators in relation to character education,
This research uses qualitative descriptive study types. The subject of this research is the students, teachers and the principal. This research was conducted in settings for SD Negeri Warungboto Yogyakarta. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. With the stages of data collection, data reduction, and presentation of data.
The research results showed that: character education in SD N Warungboto Yogyakarta developed target values be honesty, discipline, responsibility, kegamaan, care for the environment, and creativity. From the above target values implemented into schools and programs supported by the activities of the school. The school uses 4 methods of cultivation of the character education i.e. inkulkasi value, example, facilitation, and development skills.
Keywords: character education, implementation, local regulation no 5 year 2011


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i3.13088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics