IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN MINAT, BAKAT, DAN KREATIVITAS SISWA DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Cahyati Wulandari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pembinaan minat, bakat, dan kreativitas siswa di SLB Negeri 1 Bantul, mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program pembinaan minat, bakat, dan kreativitas siswa di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan pembinaan kesiswaan, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembinaan minat, bakat, dan kreativitas siswa di SLB Negeri 1 Bantul terdiri dari tiga tahap, pertama adalah persiapan materi sesuai dengan kurikulum 2013, penjaringan minat sesuai dengan pilihan siswa serta penyediaan sumber daya seperti fasilitas, dana dan unit pelaksana. Kedua adalah pelaksanaan yang meliputi kegiatan ketrampilan, seni budaya dan olahraga. Ketiga adalah evaluasi yang meliputi kegiatan pemantauan hasil belajar siswa, diskusi perkembangan program, diskusi pemecahan masalah dalam kegiatan serta koordinasi keikutsertaan siswa dalam lomba. Faktor pendukung implementasi program pembinaan minat, bakat, dan kreativitas siswa di SLB Negeri 1 Bantul ialah fasilitas yang tersedia, guru dan pelatih yang terpenuhi, dana yang cukup dan adanya partisipasi orangtua siswa. Faktor penghambat implementasi program pembinaan minat, bakat, dan kreativitas siswa di SLB Negeri 1 Bantul adalah siswa dengan emosi labil.
Kata Kunci: Pembinaan, Minat, Bakat dan Kreativitas.

Abstract
This research aimed to described the implementation of students interest, talent and creativity coaching program in SLB Negeri 1 Bantul, identify by factors in support and barrier factors on the implementation of students interest,talent and creativity coaching programs in SLB Negeri 1 Bantul. The research was a descriptive qualitative research. The subjects of this research were headmaster, vice principal coaching student affairs, teachers dan students. The method of collecting data used observation, interview, and documentation. The analysis techniques data used is reduction data, data display and inference. The validity test of the data used source triangulation and method trianggulation . The result of this research showed that: implementation of students interest, talent and creativity coaching program in SLB Negeri 1 Bantul consisting of the three stage, first is preparation of materials in appropriate with the curriculum 2013, find interest student in appropriate with student choise and resources supply facilities, funds and implementation unit. Second is the implementation of which includes activities of skills , arts and culture and sports. Third is Evaluation which includes monitoring study results students, the development of program discussion, discussion problem solving and coordination students participation in the race. Factors in support of implementation students interest, talent and creativity coaching programs in SLB Negeri 1 Bantul is Facilities are available, teachers and coaches are being fulfilled, Sufficient funds and support parents.The barrier of implementation students interest, talent and creativity coaching program in SLB Negeri 1 Bantul is the students with labile emotion.
Keywords: coaching of interest, talent and creativity


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i3.13086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics