PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH

Dewi Apriliani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana di
Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan faktor pendukung dan penghambat kegiatan. Metodologi penelitian
ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah pendidikan mitigasi bencana di Kabupaten Klaten dipahami
sebagai upaya pengurangan risiko bencana melalui Sekolah Sungai Klaten. Perencanaannya termasuk
perencanaan jangka panjang dan bersifat bottom-up. Sekolah Sungai Klaten yang dilaksanakan selama 3
hari yaitu 2 hari penyampaian materi dan 1 hari melakukan praktik lapangan. Evaluasi Sekolah Sungai
Klaten menggunakan metode tes esai. Peran Sekolah Sungai sebagai wadah atau alat untuk melaksanakan
pendidikan mitigasi bencana di Kabupaten Klaten. Faktor yang mendukung: peraturan tentang sungai,
dana, kerjasama semua pihak dan lokasi praktik Sekolah Sungai Klaten. Faktor yang menghambat:
legalitas, waktu, kesadaran masyarakat dan populasi penduduk.
Kata kunci: Pendidikan, Mitigasi Bencana, Sekolah Sungai Klaten

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i8.10314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics