IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD BUDI MULIA DUA SETURAN

Pradipto Cantyo Bagaskoro

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 di SD Budi
Mulia Dua, 2) mendeskripsikan kendala implementasi Kurikulum 2013 di SD Budi Mulia Dua , dan 3)
mendeskripsikan upaya menghadapi kendala implementasi Kurikulum 2013 di SD Budi Mulia Dua.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan peserta didik. Objek penelitian ini mengenai modal sosial
dalam membentuk karakter anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian data, dan
kesimpulan. Uji validitas data melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: implementasi kurikulum 2013 di SD Budi Mulia Dua Seturan telah terlakasana
sejak 4 tahun yang lalu dan sekolah telah menerapkan program saintifik sejak awal. Pendistribusian buku
siswa terhenti oleh pemerintah. Sekolah Budi Mulia Dua Seturan mempersiapkan siswanya untuk
menghadapi UN.
Kata kunci: implementasi kurikulum 2013, karakter, sekolah dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i8.10312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics