SEKOLAH PENERBANG MAGUWO DI YOGYAKARTA TAHUN 1945-1947

Ayub Karami

Abstract


Sekolah Penerbang Maguwo di Yogyakarta tahun 1945-1947 merupakan Lembaga Pendidikan Penerbang AURI pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses berdirinya Sekolah Penerbang Maguwo di Yogyakarta tahun 1945, (2) sistem pendidikan Sekolah Penerbang Maguwo di Yogyakarta tahun 1945-1947, dan (3) kemunduran Sekolah Penerbang Maguwo di Yogyakarta tahun 1947.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah oleh Kuntowijoyo yang terdiri dari lima tahapan. Tahap pertama adalah pemilihan topik yang akan diteliti. Tahap kedua adalah pengumpulan sumber baik primer maupun sekunder, diantaranya adalah arsip, koran sezaman, majalah, dan buku referensi. Tahap ketiga adalah verifikasi atau kritik sumber. Tahap keempat adalah interpretasi untuk menafsirkan fakta-fakta sejarah yang ditemukan. Tahap kelima atau terakhir adalah historiografi atau penulisan sejarah.

            Hasil penelitian ini adalah: (1) Berdirinya Sekolah Penerbang Maguwo diprakarsai oleh Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto pada tanggal 15 November 1945 setelah berhasil dikuasainya Pangkalan Udara Maguwo beserta aset-asetnya dari Jepang; (2) Sekolah Penerbang Maguwo berperan untuk melaksanakan pendidikan bagi calon penerbang, baik bersifat ulangan, lanjutan, maupun yang baru. Kurikulum yang diterapkan yakni terdiri dari dua unsur, yakni unsur pendidikan teori mata pelajaran dan unsur pendidikan praktek terbang. Semua sarana dan prasarana yang digunakan sebagai penunjang pendidikan kondisinya sangat sederhana; dan (3) Sekolah Penerbang Maguwo terpaksa harus ditutup karena situasi yang kurang kondusif akibat serangan udara Belanda yang dilakukannya di Pangkalan Udara Maguwo pada tanggal 21 Juli 1947. Pada akhirnya, Sekolah Penerbang Maguwo hanya berhasil menamatkan satu angkatan saja (angkatan I Maguwo), yakni dengan menamatkan 20 orang siswanya yang diberikan pangkat Opsir Udara III (setingkat Kapten Udara).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto