DINAMIKA INDUSTRI KERAJINAN SENI UKIR JEPARA 1989-2008

DAMAS PRASTIYAN

Abstract


Jepara terkenal dengan sebutan Kota Ukir, karena industri seni ukir banyak terdapat di Jepara. Pemerintah memberikan peranan dalam jalananya industri seni ukir. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui berdirinya Industri seni Ukir Jepara (2) mengetahui perkembangan Industri seni Ukir pada tahun 1989-1998 (3) mengetahui perkekembangan Industri seni Ukir pada tahun 1998-2008.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo. Pertama ialah menentukan topik penelitian. Kedua ialah pengumpulan sumber. Ketiga verifikasi atau kritik sumber. Keempat ialah menafsirkan fakta-fakta sejarah yang ditemukan. Kelima atau terakhir ialah historiografi atau penulisan sejarah.

Hasil penelitian: (1) Industri seni Ukir Jepara dimulai sejak masa Ratu Kalinyamat dengan bukti banyaknya ukiran terdapat pada dinding Masjid Mantingan. Ketika pada masa R.A Kartini, seni ukir dikenalkan lewat surat kabar ke sahabat diluar negeri dan para pejabat bupati di Jawa(2) Pada masa sebelum reformasi bisa dikatakn sebagai masa awal Industri seni ukir Jepara dikenal banyak konsumen dari luar negeri. Pemerintah melakukan trobosan mengadakan pameran serta memberikan bantuan modal untuk mendukung industri seni ukir di Jepara. (3) Pengaruh dampak reformasi yang terjadi di Indonesia juga bedampak pada Industri seni Ukir Jepara. Industri seni Ukir Jepara mengalami kenaikan karena banyaknya bahan baku hasil penjarahan serta munculnya pengusaha-pengusaha baru. Pesatnya Industri ini juga dipengaruhi oleh nilai tukar Rupiah rendah sehingga industri ini tidak bertahan lama pada posisi atas karena tidak ada kesetabilan pengelolaan usaha yang baik.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto