IMPLEMENTASI KEBIJAKAN NUGROHO NOTOSUSANTO DALAM PENGAJARAN SEJARAH DI SMA (1983-1985)

Wira Syafutra, Aman Dr.

Abstract


Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menggambarkan,1) latar belakang kehidupan dan pemikiran Nugroho Notosusanto; 2) menggambarkan kebijakan Nugroho Notosusanto dalam penerapan pengajaran sejarah di SMA (1983-1985); dan 3) realitas pengajaran sejarah di SMA (1983-1985).Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah kritis menurut Kuntowijoyo 1) adalah pemilihan topik, 2) adalah pengumpulan sumber, 3) adalah verifikasi yang disebut juga kritik sejarah atau keabsahan sumber, 4) adalah interpretasi yang merupakan tahap penafsiran, 5) adalah penulisan sejarah   atau historiografi sebagai hasil dari penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan multidimensional Sartono kartodirjo, 1) Pendekatan Politik, 2) Pendekatan Psikologi Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya 1) Nugroho Notosusanto merupakan seorang tokoh sejarah yang melahirkan suatu kontroversi dari pemikirannya dalam perkembangan pemikiran sejarah maupun pelajaran sejarah di sekolah, SMA khususnya 2) Pada saat menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nugroho  menerapkan suatu kebijakan yang menjadi polemik bagi mata pelajaran sejarah. Sejarah tidak lagi integral dalam pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), namun berdiri sendiri dan muncul satu program lagi yakni PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa). Ini artinya pada kurikulum 1984, terjadi dualisme pembelajaran sejarah, ada SNID (Sejarah Nasional Indonesia dan Dunia) dan PSPB. 3) Realitas dari penerapan tersebut selain dari dualisme pembelajaran sejarah adalah indroktinasi melalui pelajaran sejarah. Realitanya, pelajaran sejarah dijadikan sebagai alat legitimasi kekuasaan dan kekuataan suatu kelompok yakni militer.

 

Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan, Nugroho Notosusanto, Pengajaran Sejarah Di SMA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto