KEBIJAKAN POLITIK DALAM NEGERI KABINET PEMBANGUNAN I (1968-1973)

Dwi Agung Kurniawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terbentuknya Kabinet Pembangunan I 1968-1973, (2) pelaksanaan kebijakan politik dalam negeri Kabinet Pembangunan I 1968-1973, (3) berakhirnya Kabinet Pembangunan I 1968-1973.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo. Tahap pertama ialah menentukan topik penelitian. Tahap kedua ialah heuristik atau pengumpulan sumber. Tahap ketiga ialah verifikasi atau kritik sumber. Tahap keempat ialah interpretasi atau penafsiran. Tahap terakhir ialah historiografi atau penulisan sejarah.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Terbentuknya Kabinet Pembangunan I 1968-1973 meliputi kondisi politik awal  Pemerintahan Kabinet Pembangunan I,  proses  terbentuknya Kabinet Pembangunan I, dan Struktur dan program kerja Kabinet Pembangunan I. Kabinet Pembangunan I terbentuk setelah Kabinet Ampera dibubarkan. Awal pemerintahan kabinet baru ini masih memasuki masa transisi dari kepemimpinan Orde Lama, sehingga kondisi politik tidak stabil. Program kerja kabinet ini mestabilkan kondisi ekonomi dan politik melalui Panca Krida. (2) Pelaksanaan Kebijakan Politik dalam negeri Kabinet Pembangunan I (1968-1973) meliputi, pembangunan bidang ekonomi, penentuan pendapat rakyat, pemilu 1971, dan fusi partai. Sesuai program utamanya yaitu memperbaiki stabilitas ekonomi dan politik. Ekonomi yang memandang keluar, diharapkan investor asing masuk. Penyelesaian masalah Irian Barat sebagai tindak lanjut dari New York Agrrement. Pelaksanaan pemilu sebagai salah satu wujud demokrasi.  Fusi partai dilakukan untuk menstabilkan kondisi politik melalui penyatuan program dan tujuan. (3) Berakhirnya Kabinet Pembangunan I meliputi dampak dan tingkat keberhasilan pelaksanaan kebijakan, dan proses berakhirnya kabinet. Kebijakan Politik yang telah terlaksana memberikan dua dampak yaitu positif dan negatif satu masalah selesai, permasalahan lain muncul. Kabinet pembangunan I dapat dikategorikan sebagai kabinet yang paling stabil diantara kabinet sebelumnya sesuai dengan masa pemerintahannya.

 

Kata kunci: Kebijakan Politik Dalam Negeri, Kabinet Pembangunan I, Orde Baru, Tahun 1968-1973.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto