AKTUALISASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 SEDAYU

Dedi Nuryanto

Abstract


Pendidikan bukan hanya mencerdaskan manusia atau siswa, melainkan pendidikan juga membentuk manusia atau siswa lebih berkarakter dan bermoral, untuk itu perlu dilakukan penanaman nilai-nilai kebangsaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui proses pembelajaran sejarah dan penanaman nilai-nilai kebangsaan di SMA N 1 Sedayu; (2) mengetahui aktualisasi nilai-nilai kebangsaan oleh siswa setelah diterapkan dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Sedayu; (3) mengetahui kendala-kendala dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan di SMA N 1 Sedayu.

            Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 3 orang guru sejarah dan 13 siswa yang diambil secara “purposive sampling”. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.

            Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran sejarah di SMA N 1 Sedayu sudah mencantumkan nilai-nilai kebangsaan, ini dapat dilihat dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di kelas; (2) aktualisasi nilai-nilai kebangsaan sudah berjalan cukup baik, walaupun belum sepenuhnya terlaksana. Penyisipan nilai-nilai kebangsaan tidak hanya dilakukan guru di saat pembelajaran saja, melainkan juga di luar jam pelajaran; (3) kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan di SMA N 1 Sedayu antara lain, media yang terbatas, keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana, serta siswa yang kurang begitu memperhatikan, sehingga penyampaian materi dan aktualisasi nilai-nilai kebangsaan kurang maksimal.

Kata kunci: Aktualisasi, Nilai-Nilai Kebangsaan, Pembelajaran Sejarah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto