¬¬¬¬UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA PGRI PLAYEN GUNUNGKIDUL DIY TAHUN AJARAN 2017/2018

Varia Astuti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana upaya meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMA PGRI Playen Gunungkidul DIY melalui penerapan Model Group Investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis. S dan Mc Taggart. R, terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Validitas data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil angket penerapan Model Group Investigation pada siklus I dihasilkan rata-rata sebesar 65,60%, meningkat 10,52% dari hasil pra siklus sebesar 55,08%. Hasil observasi minat pada siklus I adalah 62,43%. Pada siklus II, terdapat tambahan perlakuan dengan pemberian nilai/poin tambahan pada model Group Investigation, hasil angket sebesar 82,96% atau mengalami peningkatan 17,36%. Hasil observasi minat pada siklus II adalah 88,81%. Penerapan Model Group Investigation lebih optimal jika terdapat tambahan perlakuan berupa nilai/poin.

 

Kata kunci : Minat belajar, Model Group Investigation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto