EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Maharani Tri Ayu Ratnasari, Sudrajat M.Pd.

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kurang optimal yang disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih efektif dilihat dari prestasi belajarnya, jika dibandingkan dengan pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) bagi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Muntilan kabupaten Magelang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan pada semester genap untuk tahun ajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sample dengan alasan karena peneliti memiliki pertimbangan-pertimbangan dalam menentukan yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 3 dan yang dijadikan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPS 4. Rancangan penelitian dengan menggunakan pretest-posttest control group design yakni dengan menggunakan rancangan sebelum dan sesudah menggunakan perlakuan. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi metode Think Pair Share, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan menggunakan uji t. Uji effect size dilakukan untuk mengetahui pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai thitung  4.533, sedangkan untuk nilai ttabel =2.074dengan df=64 dan taraf kepercayaan 95% (tarif signifikan 0.05). Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung >ttabel (95% df=64). Hasil tersebut menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode Think Pair Share dengan yang tidak menggunakan metode Think Pair Share. Sedangkan hasil menggunakan effect size diketahui 0.9 atau dapat diprosentasekan sebesar 82 % yang merupakan kategori tinggi. Ini berarti pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode Think Pair share lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan metode Think Pair share.

Kata kunci: Metode Think Pair share, Pembelajaran Sejarah, efektivitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto