PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS 1 SD NEGERI 1 LEMPUYANGAN YOGYAKARTA

Puspita Mayang Wulan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan subyek tunggal atau yang sering disebut sebagai single subject research (SSR). Subyek penelitian ini adalah seorang siswa yang duduk di kelas 1 SD N 1 Lempuyangan, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi kesalahan membaca yang dilakukan oleh subyek, serta tes kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian pada fase baseline menunjukkan data capaian skor yang stabil (100%) dengan rerata 75 dan rentang data (70-80), sedangkan hasil pada fase intervensi menunjukkan data capaian skor yang stabil (100%) dengan rerata 90 dan rentang data (85-95). Persentase overlap pada fase baseline dan fase intervensi sebesar 0%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter