PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU KELAS TK A MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK INKLUSI LITTLE TREE YOGYAKARTA

Ayu Annisa Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan keterampilan berbicara siswa tunarungu melalui metode bermain peran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas TK A di Sekolah Inklusi Little Tree Yogyakarta yang berjumlah 5 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi kemampuan berbicara dan tes kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan siswa memperoleh rerata skor 55 pada pratindakan, kemudian pada siklus I siswa memperoleh rerata skor 70,8, dan pada siklus II siswa memperoleh rerata skor 81,4. Kemudian, pada pratindakan siswa mencapai ketuntasan KKM sebesar 20%, pada siklus I ketuntasan KKM sebesar 40%, dan pada siklus II ketuntasan KKM sebesar 80%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa tunarungu semakin meningkat dengan melalui meode bermain peran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter