PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU BERTALI MELALUI ANALISIS TUGAS ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VIII

Amira Nur Khairunnisa

Abstract


Tujuan penelitian: (1) mengetahui proses pembelajaran memakai sepatu bertali, (2) mengetahui bahwa kemampuan memakai sepatu bertali anak dapat meningkat melalui analisis tugas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah kelas VIII di SLB Yapenas sebanyak 3 siswa tunagrahita sedang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: (1) proses pembelajaran memakai sepatu bertali: menyebutkan bagian sepatu, memasukkan tali ke lubang sepatu, menyamakan panjang tali, menyilangkan tali sepatu, memasukkan kaki kanan, memasukkan kaki kiri, dan membuat simpul. (2) Kemampuan memakai sepatu bertali anak tunagrahita sedang kelas VIII meningkat. Subjek A meningkat 34,375% dari nilai pasca tindakan 84,375 dan pra tindakan 50. Subjek S meningkat 37,5% dari nilai pasca tindakan 96,875 dan pra tindakan 59,375. Subjek D meningkat 34,375% dari nilai pasca tindakan 96,875 dan pra tindakan 62,5.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter