PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BERO, TRUCUK, KLATEN

Farisa Khairisofa

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran membaca permulaan untuk anak berkesulitan belajar kelas III dan mengetahui kelayakan modul. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 4 tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan modul, (4) validasi dan uji coba. Subjek penelitian adalah siswa berkesulitan belajar membaca permulaan kelas III SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes kemampuan membaca, tes persepsi visual dan tes persepsi auditori, angket validasi produk dan angket respon siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif melalui tiga prosedur pengodean yaitu: pengodean terbuka, berporos dan berpilih. Data hasil uji dan hasil respon menggunakan analisis kuantitatif untuk mengolah. Semua data yang diperoleh dihitung skor rata-rata dan mengkonversikannya ke dalam kriteria. Hasil penelitian yaitu (1) produk yang dikembangkan berupa modul membaca permulaan berjudul “AYO MEMBACA” untuk anak berkesulitan belajar membaca permulaan kelas III dan untuk pegangan guru, materi yang terdapat pada modul disesuaikan dengan kemampuan siswa mengacu pada hasil studi pendahuluan (2) hasil uji validitas oleh ahli materi dan guru diperoleh skor keseluruhan 16,9 dengan rata-rata 4,2 berkategori baik berdasarkan konversi berarti layak digunakan sedangkan hasil uji coba modul yang dilakukan oleh siswa dan guru masing-masing diperoleh presentase skor 80% dan 90%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter