STUDI KASUS PERILAKU AGRESIF ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV SDLB DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

Reza Ainun Asyifa

Abstract


Perilaku agresif masih menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi hubungan intrapersonal dan interpersonal di SLB
N Pembina Yogyakarta. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk perilaku agresif, factor
penyebabnya dan dampak dari perilaku agresif yang dilakukan anak tunagrahita kategori sedang.
Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian studi kasus. Pemilihan subjek adalah
single subjek yang merupakan anak tunagrahita kategori sedang, bersekolah di SLB N Pembina Yogyakarta dan mempunyai
kecenderungan perilaku agresif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian pada subjek dapat diketahui: (1) Faktor penyebab (antecendent) internal dan eksternal, subjek
memiliki factor penyebab internal yang dominan berdasarkan latar belakang keluarga sedangkan faktor eksternal yang
dominan karena lingkungan sekitar rumah subjek. Subjek AAN yang kurang mendapatkan kasih sayang oleh ayahnya karena
kesibukannya, mendapatkan contoh buruk dari ayahnya dan tidak diterima di lingkungan rumahnya. (2) Identifikasi
bentuk(behavior) perilaku agresif meliputi bentuk verbal dan non verbal dengan frekuensi sering dan intensitas berat. Subjek
AAN yang sering mengganggu teman satu kelasnya dalam bentuk verbal maupun non verbal. (3) Dampak (consequence)
setelah melakukan perilaku agresif meliputi dampak bagi diri sendiri dan lingkungan. Subjek memiliki dampak bagi diri
sendiri yaitu kepuasan pribadi dan dampak kepada lingkungan subjek, subjek AAN yang tidak memiliki teman, sering
mendapatkan hukuman dan teguran oleh guru kelas, dikucilkan oleh lingkungan rumah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter