PENINGKATAN TATA CARA MAKAN DAN MINUM MENGGUNAKAN MEDIA PANDUAN BERGAMBAR ILUSTRASI FOTOGRAFI PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

Vivi Suryaningsih

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) meningkatkan proses pembelajaran merawat diri tata cara
makan dan minum menggunakan media panduan bergambar ilustrasi fotografi, 2) meningkatkan
kemampuan tata cara makan dan minum dengan benar pada peserta didik disabilitas kecerdasan kategori
sedang kelas IV SD di SLB N Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilakukan kolaborasi oleh peneliti bersama guru kelas IV SD di SLB N Pembina Yogyakarta.
Subjek penelitian berjumlah 3 peserta didik disabilitas kecerdasan kategori sedang yang terdiri dari 1
perempuan dan 2 laki-laki. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart.
Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan proses ditunjukan oleh
peningkatan partisipasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran dan partisipasi guru ketika
menyampaikan kegiatan sesuai dengan rencana program pembelajaran yang telah disusun. Hasil tindakan
siklus II masing-masing subjek mengalami peningkatan dan dapat melampaui nilai Kriteria Ketuntatasan
Minimal (KKM) sebesar 75 sehingga tindakan dihentikan karena sudah mencapai indikator keberhasilan.
Peningkatan kemampuan tata cara makan dan minum peserta didik menggunakan media panduan
bergambar ilustrasi fotografi ditunjukkan dengan subjek I meningkat 37,26%, subjek F meningkat
37,74%, dan subjek O meningkat 32,45%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter