EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA SISWA AUTIS

Anisa Yuliana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektivan pembelajaran problem solving model Polya untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada siswa autis kelas VIII di Sekolah Khusus Autis (SKABA) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subjek Research (SSR). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa kelas VIII di SKABA Yogyakarta berinisial MA. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A’.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada subjek. Hal ini ditandai dengan perubahan kecenderungan arah dan efek pada penelitian ini adalah menaik dengan efek (+) pada fase A, kemudian menaik dengan efek (+) pada fase B, dan mendatar (=) pada fase A’. Perubahan kecenderungan stabilitas adalah stabil pada ketiga fase. Perubahan level dari fase A menuju fase B adalah sebesar (+32,5%) dan perubahan level pada fase B menunju A’ adalah sebesar (+5%). Presentase data overlap pada masing-masing fase adalah 0%. Kesimpulan Akhir dari penelitian ini adalah pembelajaran problem solving model Polya terbukti efektif meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita siswa autis kelas VIII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter