PELAKSANAAN BINA WICARA PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 2 BANTUL THE IMPLEMENTATION OF BINA WICARA TO DEAF STUDENTS IN SLB NEGERI 2 BANTUL

Denara Husna Afiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bina wicara pada anak tunarungu di SLB Negeri 2 Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi guru bina wicara dan tiga siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan kegiatan awal dimulai dari melakukan asesmen, perencanaan program, dan pemberian latihan-latihan awal. Bahan ajar yang digunakan dalam proses bina wicara meliputi bahan fonologi, morfologi, dan sintaksis. Metode bina wicara yang digunakan meliputi metode kata lembaga, metode ujaran fonem, dan multisensori. Sarana prasarana yang digunakan yaitu seperangkat speech trainer, microphone, cermin, bola pingpong, botol yang dilubangi, audiometer, tisu, kertas tipis, spatel, garputala, pias kata, dan pias gambar. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran bina wicara dilakukan setelah proses pembelajaran dan di akhir semester dalam bentuk praktik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter