PENGGUNAAN MEDIA COMPACT DISK INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN KELAS IV SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Rambu Esty Praing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh compact disk interaktif dalam meningkatkan
kemampuan membaca permulaan anak dengan gangguan pemusatan perhatian kelas IV di SLB E
Prayuwana Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitin Single
Subject Research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal. Desain penelitianyang digunakan dalam
adalah desain A (baseline) – B ( Intervensi). Subjek dalam penelitian ini merupakan seorang siswa kelas
IV yang mengalami gangguan pemusatan perhatian. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.
Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar
kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media compact disk interaktif memiliki
pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan gangguan
pemusatan perhatian kelas IV di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
hasil tes kemampuan membaca permulaan dengan skor Frekuensi pada fase baseline yaitu subjek
mendaptkn skor 56, 60, 60 , sedangkan skor pada fase intervensi yaitu 76, 80, 76, 84, 80, 88. Kemampuan
membaca permulaan meningkatan sebanyak 16 level (+16) dari fase baseline ke fase intervensi, hal ini
berdasarkan dari perhitungan analisis antar kondisi. Selain itu, penggunaan media compact disk interaktif
memberikan pengaruh dalam mengembangkan aspek pengetahuan teknologi dan peningkatan motivasi
belajar anak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter