PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PRA-VOKASIONAL MEMASAK PADA SISWA AUTISTIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA

Pinasthi Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, proses dan evaluasi pembelajaran keterampilan
pra-vokasional memasak pada dua siswa autistik jenjang SMALB di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu dua siswa autistik kelas XII SMALB dan satu guru
pendamping pembelajaran sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran keterampilan pra-vokasional memasak pada siswa autistik terdiri dari: 1) Persiapan pembelajaran yang
dilakukan guru yaitu menentukan tujuan pembelajaran berpedoman pada hasil asesemen kemampuan pra-vokasional
memasak; menentukan materi pembelajaran dengan pedoman buku Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan yang
materinya disederhanakan sehingga diperoleh materi antara lain menjaga kebersihan, mengenal bahan dan peralatan, cara
menggunakan peralatan dan teknik memasak yaitu menggoreng dan merebus. 2) Proses pembelajaran keterampilan
pra-vokasional memasak terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kegiatan pendahuluan, guru
mempersiapkan media pembelajaran dengan cara membeli bahan yang akan dimasak sebelum pembelajaran dimulai.
Kegiatan inti, guru mengarahkan siswa autistik mempersiapkan bahan dan peralatan memasak. Guru mengenalkan bahan
dan peralatan memasak dengan menggunakan media benda nyata. Guru menyampaikan materi penggunaan peralatan dan
teknik memasak dengan cara praktik secara langsung. Kegiatan penutup guru melakukan review dengan menceritakan
kembali bahan dan peralatan yang digunakan serta urutan memasak. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan
keterampilan pra-vokasional memasak antara subyek VA dan GN. Subyek VA dapat mengikuti proses pembelajaran yang
menggunakan media benda nyata dan metode praktik dengan mandiri. Sedangkan subyek GN perlu membutuhkan
bantuan guru jika proses pembelajaran hanya menggunakan media benda nyata. 3) Evaluasi dilakukan dengan cara
observasi keterampilan pra-vokasional memasak pada siswa autistik dan tes lisan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter