PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA TUNALARAS KELAS V DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Lisa Dyah Ajeng Puspitarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan keterampilan menyimak cerita
melalui media film animasi pada siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Deskripsi data pada penelitian tindakan kelas
meliputi perencanaan, pelaksanaan (siklus I dan siklus II), pengamatan, dan refleksi. Penelitian
ini menggunakan subjek siswa kelas V berjumlah 1 siswa. Lokasi penelitian ini di SLB E
Prayuwana Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan
wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelituan ini adalah kualitatif dan
kuantitatif.Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan sebagai
berikut: Kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SLB E Prayuwana Yogyakarta setelah
diadakan penelitian dengan menggunakan media film animasi mengalami peningkatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter