PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI TOILET TRAINING ANAK AUTIS MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) DI PUSAT LAYANAN AUTIS YOGYAKARTA

Hani Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri buang air kecil anak autis melalui metode latihan (drill) di Sekolah Pusat Layanan Autis Yogyakarta. Peningkatan dari metode latihhan (drill) dapat dilihat dari perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart yang mempunyai empat tahap dalam setiap siklus. Subjek penelitian merupakan satu siswa autistik usia 6 tahun. Instrumen pengumpulan dengan panduan observasi bina diri buang air kecil. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan bina diri buang air kecil pada anak autis yang ditunjukkan dengan perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan perbaikan dan pembelajaran berulang-ulang, laihan tahapan buang air kecil secara bertahap dan berulang-ulang sehingga kemampuan bina diri buang air kecil subjek meningkat. Peningkatan kemampuan bina diri buang air kecil anak autis dapat dilihat dari presentase pencapaian yang diperoleh pada kemampuan pra-tindakan (pre-test), post-test siklus I, dan post-test siklus I.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter