PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Gina Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif anak autis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SLB Khusus Autisma Dian Amanah dari Juli sampai September 2016. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan jasmani adaptif, dan guru kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini yaitu peneliti. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan bersifat kualitatif dengan tahapan reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Pada perencanaan telah dibuat tujuan perencanaan secara tertulis (dokumen tertulis) yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat berdasarkan kurikulum 2013 sebagai acuan dan disesuiakan dengan kondisi dan kemampuan siswa autis, tetapi guru belum membuat Rencana Pembelajaran Individu (RPI) untuk setiap siswa autis. (2) kegiatan proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif sama seperti pembelajaran pada umumnya yaitu terdiri dari awal pembelajaran, inti pembelajaran dan akhir pembelajaran. Hanya saja guru menggunakan bahasa sederhana yang mudah dimengerti siswa, penggunanaan metode demonstrasi dan penggunaan reinforcement (reward & punishment) serta guru dibantu oleh guru pendamping bagi siswa yang masih memutuhkan pendampingan secara khusus (3) proses evaluasi pembelajaran yang dilakukan menggunakan jenis unjuk kerja, penilaian yang dilakukan bersifat penilaian proses sehingga pelaksanaan evaluasi dilakukan pada saat berlangsungnya proses belajar dan mengajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter