EFEKTIFITAS METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) FASE I-IV TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI EKSPRESIF PADA ANAK AUTIS KELAS 1 SDLB DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL

Pristi Wikan Wiwahani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode PECS terhadap
kemampuan komunikasi ekspresif pada siswa autis kelas 1 di SLB Negeri 1 Bantul. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah A (Baseline) – B (Perlakuan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik
dokumentasi dan tes unjuk kerja kemampuan komunikasi ekspresif dengan menjawab pertanyaan “benda
apa yang kau lihat?” dan “benda apa yang kau inginkan?”. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen
yang dianalisis meliputi komponen analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Subjek dalam penelitian ini
merupakan anak autis yang mengalami gangguan komunikasi ekspresif dan bersekolah di SLB Negeri
satu Bantul kelas satu jurusan autis. Keefektifan metode PECS ditunjukkan dengan skor tes yang
meningkat dari kondisi baseline ke intervensi. Pada kondisi baseline, skor tes kemampuan unjuk kerja
kemampuan komunikasi ekspresif yaitu 21% dan pada kondisi intervensi 67% sehingga rerata meningkat
46%. Data tersebut didukung dengan persentase overlap 0% yang menunjukkan bahwa metode ini efektif
terhadap kemampuan komunikasi ekspresif. Kemampuan anak dilihat dari anak mampu merespon dan
menjawab pertanyaan selama sepuluh detik atau kurang dari itu dan mampu menyusun kalimat dengan
kartu gambar. Metode ini dilakukan dengan menerapkan empat dari enam fase metode PECS yaitu
dengan mengarahkan anak untuk mengambil kartu yang telah disediakan dan menukarkannya dengan
benda-benda yang sudah disediakan, mengenalkan anak pada buku komunikasi yaitu dengan
mengarahkan anak menempelkan kartu gambar benda yang ia inginkan pada halaman depan buku
komunikasi dan dilakukan dalam tiga sesi, memilih gambar yang tepat sesuai dengan pertanyaan observer
dan menempelkannya dibuku komunikasi yang telah disediakan, dan menyusun beberapa gambar
membentuk kalimat secara runtun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter