EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNANETRA KELAS 2 DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

Yuyun Rahmahdhani Khusniyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses dan hasil program pembelajaran
maematika bagi siswa tunanetra di sekolah inklusi MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta dengan
model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Hasil penelitian dapat digunakan sebagai
salah satu pertimbangan untuk menetapkan kebijakan program pembelajaran berikutnya bagi siswa
tunanetra.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Evaluasi. Model evaluasi yang
digunakan adalah CIPP (context, input, process, product). Subjek penelitian merupakan guru
matematika kelas XI inklusi dan siswa tunanetra kelas XI IPS di MAN Maguwoharjo Sleman
Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data
yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase kesesuaian kurikulum dengan
karakteristik dan kebutuhan siswa secara umum serta perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi 75% yaitu sangat memenuhi; (2) Persentase input dari kompetensi pedagogik 57.14%
yaitu cukup memenuhi; (3) Persentase input dari kompetensi profesional 80% yaitu sangat
memenuhi; (4) Persentase input dari kompetensi sosial 90% yaitu sangat memenuhi; (5) Persentase
input dari kompetensi kepribadian 90% yaitu sangat memenuhi; (6) Persentase pelaksanaan
pembelajaran matematika bagi siswa tunanetra di kelas inklusi 37,5% yaitu kurang memenuhi; dan
(7) Siswa tunanetra tidak dapat memenuhi KKM meskipun telah diberikan pengajaran remedial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter