PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA MARSUDI PUTRA I

Rina Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui
penggunaan teknik peta pikiran (mind mapping) pada anak tunarungu kelas VII di SLB Marsudi Putra I.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian
Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, dan observasi,
refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes kemampuan menulis karangan
deskripsi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi
dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik peta pikiran (mind mapping) pada anak tunarungu kelas
VII di SLB Marsudi Putra I. Hal tersebut ditunjukkan dalam proses pembelajaran yang lebih aktif dan
menyenangkan, Subyek sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran menulis karangan
deskripsi, subyek mampu mengajukan dan menjawab pertanyan yang diberikan oleh guru. Subyek
mampu menulis karangan deskripsi dengan memperhatikan isi karangan, kalimat efektif, penggunaan
huruf kapital, ejaan, tanda baca dan kerapian. Peningkatan hasil tes kemampuan menulis karangan
deskripsi telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 65%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter