PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA KORAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR V DI SLB B KARNNAMANOHARA

Ratna Putri Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran membaca
pemahaman dengan menggunakan media koran pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB B
Karnnamanohara dan apakah penggunaan media koran pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB B
Karnnamanohara dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc.
Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan media koran dapat meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB B Karnnamanohara. Perolehan hasil tes
kemampuan membaca pemahaman meningkat dari sebelum tindakan dan pasca-tindakan. Hasil tes
kemampuan awal menunjukkan bahwa kelima subjek mendapatkan nilai di bawah 65. Hasil tindakan
yang dilakukan dalam siklus I, kelima subjek mengalami peningkatan hasil belajar, namun dua subjek
yaitu AL dan IB masih belum memenuhi KKM yaitu 65. Pada siklus II, hasil belajar kelima subjek
menunjukkan adanya peningkatan dan telah memenuhi KKM yang ditentukan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter