PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UPIN IPIN TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL

Oktafian Alviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh media gambar Upin Ipin terhadap kemampuan
penjumlahan pada siswa Cerebral Palsy tipe spastik dalam pembelajaran Matematika kelas III di SLB Negeri 1 Bantul
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR).
Desain yang digunakan adalah A-B-A. Subyek penelitian yaitu seorang anak Cerebral Palsy kelas III SD . Pengumpulan
data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes dan panduan observasi yang digunakan selama fase
intervensi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel
serta grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan
hasil penelitian, diperoleh bahwa pada kemampuan penjumlahan mengalami peningkatan keberhasilan dalam
mengerjakan soal pada fase baseline-1 (A), intervensi (B), dan baseline-2 (A’). Hal ini dapat di lihat dari perolehan skor
anak yang menunjukkan peningkatan ketika di laksanakan tahap-tahap penelitian mulai dari tahap baseline 1, tahap
intervensi dan tahap baseline 2. Peningkatan kemampuan penjumlahan signifikan, ditunjukkan dengan perolehan skor
yang meningkat hingga 20 poin pada pertemuan pertama baseline 1 yaitu 46 menjadi 66 pada pertemuan terakhir baseline
2.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter