KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA BOLA WARNA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP WARNA DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III SDLB DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 YOGYAKARTA

Erlina Budi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan media bola warna
terhadap kemampuan memahami konsep warna dasar pada anak tunagrahita kelas III SDLB di Sekolah
Luar Biasa (SLB) N 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan
pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah A-B-A.
Subjek penelitian yaitu seorang siswa tunagrahita kategori sedang kelas III SDLB. Pengumpulan data
menggunakan metode tes dan metode observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik
deskriptif. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil yang
diperoleh berdasarkan analisis data dalam kondisi menunjukkan kecenderungan arah yang meningkat
pada fase intervensi dan Baseline II. Perubahan level pada analisis dalam kondisi juga menunjukkan
perubahan yang membaik pada fase intervensi (+50%) dan perubahan yang stabil pada fase Baseline II
(=0%), selain itu analisis antar kondisi juga menunjukkan perubahan yang membaik pada fase intervensi
dan fase Baseline II dibandingkan pada fase Baseline I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan media bola warna efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami konsep
warna dasar anak tunagrahita kategori sedang kelas III SDLB di SLB N I Yogyakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter