AKOMODASI PENILAIAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK KELAS II SD BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

NIKE SETYA PRATIWI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil akomodasi penilaian hasil belajar
Bahasa Indonesia bagi anak berkesulitan belajar spesifik kelas II di SD Bangunrejo 2 Yogyakarta.
Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Uji keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan cara triangulasi teknik. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan model analisis interaktif Milles & Huberman dengan cara reduksi data, penyajian
data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses akomodasi
penilaian hasil belajar bahasa Indonesia yaitu meliputi: (1) fungsi penilaian, (2) prinsip penilaian, (3)
komponen penilaian, dan (4) teknik penilaian, serta hasil akomodasi penilaian hasil belajar bahasa
Indonesia yaitu meliputi: (1) strategi akomodasi penilaian; yang mencakup mengontrol tingkat kesulitan
tes, mengubah materi tes sesuai kemampuan anak, membuat daftar tugas bagi anak yang belum bisa
menulis, serta menulis tugas di papan tulis, dan (2) hasil akomodasi penilaian hasil belajar; mencakup
penyampaian soal, cara menjawab soal, tempat pengerjaan, dan waktu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter