IDENTIFIKASI PERILAKU AGRESIF ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU TIPE EKSTERNAL SERTA PENANGANANNYA DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Irmawanti Irmawanti

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku agresif anak dengan gangguan emosi dan perilaku tipe eksternal serta penanganannya di SLB E Prayuwana Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu tiga (3) anak dengan gangguan emosi dan perilaku kelas IV, V, dan VI SLB E Prayuwana Yogyakarta. Analisis data kualitatif yang digunakan adalah reduksi data dengan memilih hal-hal pokok, penyajian data berbentuk uraian singkat dan verifikasi data dengan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Bentuk-bentuk perilaku agresif subjek adalah perilaku agresif fisik, perilaku agresif verbal, agresif kemarahan, dan agresif permusuhan. 2) Faktor resiko yang berpengaruh terhadap munculnya perilaku agresif subjek yaitu faktor resiko biologis, faktor resiko psikologis, faktor resiko sosial, dan faktor resiko situasional. 3) Dampak perilaku agresif subjek yaitu dampak pada pelaku, dampak pada korban dan dampak terhadap lingkungan. 4) Penanganan perilaku agresif di sekolah subjek meliputi identifikasi kemampuan anak, intervensi perilaku agresif dengan cara peningkatan perilaku positif dan pengajaran keterampilan prososial.
Kata Kunci: Perilaku Agresif, Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Tipe Eksternal, Penanganan
Abstract
This study aims to find out and describe the aggressive behavior of children with emotional and behaviors disorders external type and their handling in SLB E Prayuwana Yogyakarta.
This type of research is qualitative descriptive. Data collection techniques use guidelines for observation, interviews, and documentation. The research subjects were three (3) children with emotional and behaviors disorders in classes IV, V, and VI SLB E Prayuwana Yogyakarta. Qualitative data analysis used is data reduction by selecting the main things, presenting data in the form of a brief description and verification of data with conclusions.
The results of this study are 1) The forms of aggressive behavior of subjects are physical aggressive behavior, verbal aggressive behavior, aggressive anger, and aggressive hostility. 2) Risk factors that influence the emergence of aggressive behavior of subjects, namely biological risk factors, psychological risk factors, social risk factors, and situational risk factors. 3) Impact of aggressive behavior of subjects, namely the impact on the perpetrator, the impact on the victim and the impact on the environment. 4) Handling aggressive behavior at school of subjects includes identifying children's abilities, aggressive behavioral interventions by increasing positive behavior and teaching prosocial skills.
Keywords: Agressive Behavior, Children with Emotional and Behavior Disorders External Type, Handling


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter