PENGARUH MEDIA MAGIC SANDS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA TUNARUNGUKELAS DASAR 1

Atika Rahma Rohadatul 'Aisy

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media magic sands terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak tunarungu kelas dasar 1 di SLB Wiyata Dharma I Sleman.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian yaitu 3 siswa tunarungu kelas 1 SDLB. Waktu penelitian dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan Februari-April. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis kemampuan menulis permulaan dan sekunder observasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu dengan menyajikan data dalam bentuk tabel. Statistik yang digunakan yaitu statistik non-parametrik dengan menggunakan tes wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara nyata subyek penelitian mengalami peningkatan dalam kemampuan menulis. Hal ini dapat dilihat dari perolehan pre-test ketiga subjek menunjukkan rata-rata dengan persentase 56,33%. Skor post-test ketiga subjek menunjukkan rata-rata dengan persentase 74,33%. Jadi perubahan perolehan rata-rata dari ketiga subjek menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 18%. Dari uji statistik non-parametrik dengan menggunakan tes Wilcoxon memperoleh t hitung ≤ t tabel dengan harga t hitung 0 (nol) dan harga t tabel 0 (nol) dengan taraf signifikansi yang digunakan α =0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media magic sands terhadap kemampuan menulis permulaan pada tunarungu kelas dasar 1 di SLB B Wiyata Dharma I Sleman.
Kata kunci: Menulis Permulaan, Magic Sands, Tunarungu

ABSTRACT
The purpose of this research is to find out the effect of magic sands media on beginning writing skills at hearing impairment 1st grade elementary class in SLB B WiyataDharma I Sleman.
This research uses experimental research study design with one group pretest-posttest design.The subject in this research is 3 student hearing impairment 1st grade elementaryclass. The research was carried out for two months February-April. Data collection techniques are carried out by testing on the ability to write and observation secondary. Data analyzed using quantitative descriptive by presenting data in the table.The statistics used are non-parametric statistics using the Wilcoxon test.
The results are consistent with the research questions and basic assumptions that the study subjects experienced significant improvement in writing skills. This can be seen from of the three pre-test subjects showed an average of 56.33%.While the post-test scores of the three subjects showed an average of 74.33%. So the change in the average gain of the three subjects showed an increase of 18%.From the non-parametric statistical test using the Wilcoxon test obtain t count ≤ t table with the price t count 0 and the price t table 0 with the significance level used α = 0.05 then Ha is accepted and Ho is rejected.It can be said that there is a significant influence on the use of magic sands media on the ability to write at the beginning of the deaf class 1 at SLB B Wiyata Dharma I Sleman.

Keywords : Beginning Writing , Magic Sands, Hearing Impairment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter