POTENSI DAN HAMBATAN GURU DALAM MENANGANI PERILAKU IMPULSIF PADA ANAK HIPERAKTIF DI TK

Dwi Setyowati

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang potensi dan hambatan guru dalam menangani perilaku impulsif yang muncul pada anak hiperaktif di TK. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru kelas dan satu murid di TK. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki potensi dan hambatan dalam proses menangani perilaku impulsif pada anak hiperaktif. Potensi yang dimiliki oleh guru adalah guru sudah menerapkan beberapa metode meskipun belum sesuai dengan prosedur dalam konsepnya, namun sudah melakukan penanganan sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki oleh guru. Beberapa metode yang sudah digunakan oleh guru diantaranya adalah mengajari anak Self Talk, memberikan Reward or Punishment untuk anak, memberikan isyarat dengan gerakan tangan, mengajarkan anak untuk antri atau menunggu giliran, diajak bermain dan diberi pengertian, modeling, dan yang terakhir dengan role playing. Sedangkan hambatan yang dimiliki guru dalam menangani perilaku impulsif pada anak hiperaktif adalah guru masih membutuhkan pengetahuan yang lebih banyak untuk menangani anak hiperaktif dan perilaku yang seperti apa yang termasuk impulsif. Selain itu, guru juga belum pernah mendapat pelatihan tentang cara menangani anak dengan perilaku impulsif untuk anak hiperaktif sebelumnya.
Kata kunci: potensi dan hambatan guru,penanganan perilaku impulsif anak hiperaktif
Abstract
The research aims to describe the potentials and obstacles of teacher in handling impulsive behaviors occurred in hyperactive student in TK. The research was conducted by using descriptive method with qualitative approach. Subjects of the research were a class teacher and a student of TK. Data collecting technique used technique of observation, interview, and documentation. Instruments of the research used the guides of observation and interview. Results of the research show that the teacher has potentials and obstacles in handling impulsive behaviors in hyperactive student. The teacher’s potential is that she has applied the methods of how to handle the impulsive behaviors in hyperactive student in TK, even though the methods are not in accordance with the procedure. Yet, the teacher has been handling it according to the teacher’s knowledge. The implemented methods include teaching self-talk, giving reward or punishment, giving gestures with hand movements, teaching the student to queue or to wait his turn, inviting the student to play and is given the understanding, modeling, and role playing. While the obstacles that the teacher has dealing with impulsive behaviors in hyperactive student are the teacher still needs more knowledge to deal with hyperactivity and impulsive behaviors like what impulsive behavior actually is; the teacher has never received training on how to deal with the students with hyperactivity and impulsive behaviors before. This is the reason why the teacher handles the hyperactive student with impulsive behaviors with according to her knowledge.
Keywords: teacher’s potentials and obstacles, impulsive behaviors, hyperactive student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter