PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BALOK HURUF PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB RELABHAKTI I GAMPING

Fajar Mauludi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media balok huruf pada siswa tunagrahita kategori ringan kelas IV SDLB Rrelabhakti I Gamping. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SLB Relabhakti I Gamping. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek FR memperoleh nilai 53,96% pada tes sebelum tindakan, meningkat menjadi 10,06% dengan mendapatkan nilai 64,02% pada tes sesudah tindakan I, dan meningkat 32,81% dengan mendapatkan nilai 86,77% pada tes sesudah tindakan siklus II. Penggunaan media balok huruf dapat menarik perhatian siswa saat pembelajaran sehingga siswa sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran. Sehingga media balok huruf juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter