PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI TUNADAKSA DI PONDOK PESANTREN MADANIA BANGUNTAPAN, BANTUL

Hasby Alfin Shidiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran keterampilan vokasional
bagi tunadaksa yang dilaksanakan di pondok pesantren Madania, Banguntapan, Bantul yang dirinci
dalam: (1) proses pembelajaran, (2) metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, dan
(3) hasil dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah penanggung jawab unit usaha dan santri tunadaksa
di pondok pesantren Madania, Banguntapan, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu
panduan observasi, pedoman wawancara dan analisis dokumen. Analisa data dilakukan dengan
analisis data deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kegiatan
pembelajaran dilakukan setiap hari, langkah pembelajaran meliputi asesmen, orientasi,
demonstrasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing, latihan mandiri, materi pembelajaran
disesuaikan dengan divisi unit usaha, hambatan pembelajaran berupa kurangnya motivasi dan
kodisi fisik yang bervariasi yang diatasi dengan memberikan dukungan moral dan melakukan
asesmen; (2) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran langsung (direct
instruction), dipilih karena kesesuaian materi dan tujuan pembelajaran dengan metode
pembelajaran dan fleksibilitas ruang lingkup pembelajaran, implikasi metode terdapat dalam
tujuan, langkah dan materi pembelajaran; (3) produk hasil pembelajaran adalah air minum kemasan
dan puzzle.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter