EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN SENTENCE SCRAMBLE GAME TERHADAP PEMAHAMAN SINTAKSIS SISWA TUNARUNGU KELAS

Ratna Tri Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media sentence scramble game terhadap pemahaman sintaksis siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu lima siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 2 Bantul yang terdiri dari tiga siswa merupakan hard of hearing dan dua siswa termasuk deaf. Desain yang digunakan adalah one group pre test – post test design. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji statistik on-parametik berupa tes tanda (sign test). Media pembelajaran sentence scramble game dalam penerapannya digunakan guru sebagai alat penyampaian materi penyusunan struktur kata/sintaksis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sentence scramble game efektif terhadap pemahaman sintaksis siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 2 Bantul. Kelima siswa tunarungu memperoleh hasil tes hasil belajar dengan kategori sangat baik. Siswa dapat menggunakan media SSG dengan cara menyusun kata acak yang akan disusun menjadi kalimat sesuai dengan pola SPOK yang benar. Menyusun kata dilakukan dengan sebelumnya siswa diberikan penjelasan oleh guru bahwa subjek adalah bagian yang diterangkan predikat, predikat adalah bagian kalimat yang menerangkan subjek, objek yang letaknya selalu setelah predikat, dan keterangan adalah bagian kalimat yang menerangkan subjek, predikat, objek. Pola yang disusun dalam media SSG adalah level satu menyusun subyek predikat, level dua menyusun subek predikat objek, dan level tiga menyusun subyek predikat objek keterangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter