EFEKTIFITAS METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA

Ikapti Pusparani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya tipe
PALS dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa berkesulitan belajar
membaca kelas dasar 4 di SDIT Harapan Ummat Purbalingga.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan
adalah A – B. Subjek penelitian merupakan siswa berkesulitan belajar spesifik kelas dasar 4,
yakni subjek SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca
permulaan, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik
deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca
permulaan anak berkesulitan belajar membaca. Selama proses pembelajaran dengan metode
tutor sebaya subjek SMA dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan pengukuran tes membaca
permulaan terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan subjek Pada fase
baseline kemampuan membaca subjek masih menunjukan score 26. Kemudian setelah
dilaksanakan metode tutor sebaya kemampuan membaca subjek meningkat menunjukan
score 30 pada tes pertama dan score 40 pada tes kedua.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter