FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN ATLETIK SISWA KELAS VIII SMP N 2 WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017

Heru Safrudin Heru Safrudin

Abstract


Abstrak Di SMP Negeri 2 Wates untuk materi pembelajaran atletik siswa kelas VIII faktor-faktor pendukung yang menjadi pendukung pembelajaran atletik masih belum tampak dan pembelajaran atletik belum terlaksana secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pembelajaran atletik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wates Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup yang telah di Expert Judgement oleh ahli materi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wates. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa yang diambil secara Purposive Random Sampling. Hasil uji coba instrumen dari 50 butir pernyataan, gugur 12 butir pernyataan dan diperoleh 38 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan persentase. Hasil dari penelitian faktor-faktor pendukung pembelajaran atletik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wates Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu pada faktor guru yang termasuk kategori tinggi sebanyak 71 siswa (71%) dan kategori rendah sebanyak 29 siswa (29%), faktor siswa yang termasuk kategori tinggi sebanyak 67 siswa (67%) dan kategori rendah sebanyak 33 siswa (33%), faktor materi yang termasuk kategori tinggi sebanyak 79 siswa (79%) dan kategori rendah sebanyak 21 siswa (21%), faktor sarpras yang termasuk kategori tinggi sebanyak 72 siswa (72%) dan kategori rendah sebanyak 28 siswa (28%), serta faktor lingkungan yang termasuk kategori tinggi sebanyak 72 siswa (72%) dan kategori rendah sebanyak 28 siswa (28%). Kata kunci: faktor-faktor pendukung, pembelajaran atletik, siswa Abstract At SMP Negeri 2 Wates, in relation to athletics learning materials for Grade VIII students, the factors supporting athletics learning are not obvious and athletics learning has not been maximally implemented. This study aimed to find out the factors supporting athletics learning for Grade VIII students of SMP Negeri 2 Wates, Kulonprogo Regency, in the 2016/2017 academic year. This was a quantitative descriptive study using the survey method. The data were collected by means of a closed questionnaire validated through expert judgment by a materials expert. The research population comprised all students of Grade VIII of SMP Negeri 2 Wates. The research sample, consisting of 100 students, was selected by means of the purposive random sampling technique. Based on the results of the instrument tryout, of 50 statements, 12 statements were invalid and 38 statements were valid and reliable. The data analysis technique in the study was the statistical analysis technique using percentages. The results of the study showed that regarding the factors supporting athletics learning for Grade VIII students of SMP Negeri 2 Wates in the 2016/2017 academic year, the teacher factor was high according to 71 students (71%) and low according to 29 students (29%), the student factor was high according to 67 students (67%) and low according to 33 students (33%), the materials factor was high according to 79 students (79%) and low according to 21 students (21%), the infrastructure facility factor was high according to 72 students (72%) and low according to 28 students (28%), and the environment factor was high according to 72 students (72%) and low according to 28 students (28%). Key words: factors supporting, athletics learning, student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.