FAKTOR – FAKTOR YANG MENGHAMBAT SISWA DALAM PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMK MUHAMMADIYAH T/A 2016/2017

yosua krissantono

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa tinggi faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan ekstrakurikuler bolabasket dapat memberikan pengaruh kepada siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan metode survey.Instrumen penelitian berupa angket dengan validitas sebesar 0,643 dan reliabilitas 0,921. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah 35 siswa yang aktif terdaftar sebagai peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan dalam presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menghambat sebagai berikut : sangat tinggi sebesar 5,71 %, kategori tinggi sebesar 28,57 %, kategori sedang sebesar 31,42 %, kategori rendah sebanyak sebesar 28,57 %, dan kategori sangat rendah sebesar 5,71 %. Disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan ekstrakurikuler bolabasket berkategori sedang sebesar 31,42%. Secara khusus faktor bakat, lingkungan dan waktu menyumbang kontribusi cukup signifikan terhadap keterhambatan. Kata kunci : faktor penghambat, pelaksanaan, ekstrakurikuler bolabasket ABSTRACT This study was performed to determine how much inhibiting factors of the implementation of basketball extracurricular lesson affected students. The research type was descriptive quantitative with survey method. The research instrument was questionnaire with 0,643 validity and 0,921 reliability. The research population was 35 students registered as participants of basketball extracurricular in SMK Muhammadiyah 1 Wates. The data analysis technique was descriptive statistics expressed in percentage. The research showed that 5,71 very high, high 28,57 %, medium 31,42 %, low 28,57 %, and very low 5,71 %. It’s concluded that inhibiting factors of the implementation of basketball extracurricular lesson was in medium (31,42%). Specifically, talent, environment and time contributed significantly to the inhibitions. Key words : inhibiting factor, implementation, basketball extracurricular

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.