IDENTIFIKASI FAKTOR FAKTOR HAMBATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE- WILAYAH KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2017

Bobitya Adrina

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang menjadi hambatan dalam implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-wilayah Kabupaten Sleman tahun 2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survey dengan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjas Sekolah Menengah Pertama Negeri yang sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013 se-Wilayah Kabupaten Sleman sejumlah 31 orang yang tersebar di 19 sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan implementasi kurikulum 2013 di sekolah menengah pertama se-wilayah kabupaten sleman tahun 2017 dari faktor guru, faktor siswa, faktor sarana prasarana dan faktor kebijakan berada pada kategori tinggi. Kata kunci: Faktor hambatan implementasi kurikulum 2013 Abstract The background of the problem of this research is kurilulum 2013 that have not been fully implemented evenly in Junior High School in district Sleman 2017. This study aims to identify factors that become an obstacle in the implementation of Curriculum 2013 in State Junior High Schools in district Sleman 2017. factors derived from teacher factors, student factors, factors of infrastructure, and policy factors. This study was a descriptive study. The method used was a survey using a questionnaire. The population in this study is a physical education teacher Junior High School who have already implemented Curriculum 2013 se-Region Sleman number of 31 people spread across 19 schools. Data were analyzed using statistical analysis as a percentage. The results showed that the barriers to the implementation of the curriculum in 2013 in secondary schools throughout the district of Sleman in 2017 of factors teacher, student factors, factors of infrastructure and policy factors that are in the high category. Keywords: The obstacles implementation curriculum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.